VISI
“Terwujudnya Madrasah Riset yang Religius, Unggul, Kompetitif dan Berwawasan Lingkungan”
Adapun Indikator-Indikatornya adalah:
1. Terwujudnya tradisi akademik yang berwawasan ilmiah melalui kegiatan penelitian
2. Terwujudnya sikap religius beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dalam aktivitas hidup sehari-hari.
3. Terwujudnya pengembangan kurikulum madrasah unggulan yang menerapkan pembelajaran aktif, kreatif dan inovatif.
4. Terwujudnya semangat berprestasi dan berdaya saing bidang akademik dan non-akademik.
5. Terwujudnya sikap peduli dan berbudaya lingkungan yang melaksanakan upaya pelestarian lingkungan.
MISI
Untuk mencapai visi di atas, maka madrasah kami memiliki misi:
- Menumbuhkan sikap dan amaliah keagamaan Islam untuk membentuk insan berakhlaqul karimah.
- Melaksanakan pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis riset untuk meningkatkan kompetensi peserta didik.
- Menumbuhkan semangat berprestasi, kritis dan kompetitif dibidang akademik dan non akademik.
- Memantapkan kegiatan ekstra-kurikuler untuk pengembangan bakat, senibudaya dan olahraga.
- Mewujudkan lingkungan pendidikan berwawasan ilmiah, bersih, sehat, kondusif dan berbudaya.
- Meningkatkan peran stakeholders dalam pengembangan madrasah riset dan ber standar nasional pendidikan
TUJUAN
Adapun tujuan dan sasaran target secara lebih rinci dari MTs Negeri tahun 2021-2024 adalah sebagai berikut .
- Terlaksananya pengembangan Kurikulum yang berbasis riset dan adiwiyata yang meliputi 8 standar pendidikan
- Terlaksananya pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif dengan pendekatan SCIENTIFIC
- Terintegrasinya kemampuan riset dan budaya lingkungan hidup dalam proses pembelajaran
- Tercapainya prestasi dalam kompetisi akademik dan non akademik tingkat regional dan nasional
- Peningkatan kualitas sikap dan amaliah keagamaan Islam warga Madrasah lebih dari 95%
- Peningkatan guru yang melaksanakan pembelajaran kontekstual dan melakukan PTK lebih dari 75 %
- Peningkatan skor Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dengan target mencapai KKM.
- Peserta didik memiliki minat, bakat dan kemampuan terhadap Bahasa Arab dan Inggris 85 %, di atas KKM dan mampu berkomunikasi dengan 2 bahasa tersebut.
- Peningkatan kehadiran Peserta didik, Guru dan Karyawan lebih dari 95 %
- Memiliki tim bidang Olimpiade, Tahfidz, Riset, Olahraga dan Kesenian yang mampu berkompetisi di tingkat regional dan nasional.
- Penambahan kemampuan hafalan al-Qur’an peserta didik minimal 3 Juz pada Kelas Tahfidz.
- Tercapainya budaya meneliti pada pembelajaran riset kelas 7 dan 8 yang menghasilkan karya ilmiah.
- Peserta didik mampu berkompetisi di bidang ekstrakurikuler tingkat regional dan nasional.
- Tercapainya proses pembelajaran di ma’had yang berorientasi pada tafaqquh fiddien
- Kecintaan warga madrasah terhadap buku lebih dari 80%
- Terlaksananya pembiasaan 5 S – 1 P (Salam, Salim, Senyum, Sapa, Santun, dan Peduli Lingkungan)
- Terlaksananya pembelajaran dan pengembangan diri yang terintegrasi dengan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba)
- Tercapainya kepedulian warga madrasah terhadap lingkungan pendidikan yang bersih, sehat dan nyaman.