You are here
Home > Berita >

SIMULASI MANASIK HAJI MTsN BATU

Senin (12/8),  Suasana yang tidak biasa tampak di halaman MTs Negeri Batu pagi ini. Hari Senin yang biasanya siswa berbaris rapi berseragam putih biru, kali ini nampak mengenakan pakaian ihrom serba putih. Hal ini juga kompak dilakukan oleh Bapak Ibu guru di MTs Negeri Batu. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 7,8 dan 9 dengan total siswa sebanyak

Kegiatan manasik seperti ini dilakukan oleh MTs Negeri rutin tiap tahun, kegiatan ini berkaitan dengan rangkaian peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M yang akan dilaksanakan di keesokan harinya.

Kegiatan ini dilakukan dengan berdasar :

1.    QS. Ali Imron 3 : 97

“Ibadah haji merupakan kewajiban manusia kepada Allah, yaitu bagi mereka yang mampu melakukan perjalanan ke ka’bah Baitullah. Barangsiapa yang mengingkarinya maka sesungguhnya Allah maha kaya dan tidak memerlukan sesuatu dari alam semesta”

2.    Hadist riwayat Bukhori Muslim

“Dari Abu Hurairah ia berkata : Rasullullah SAW pernah ditanya : Amal apakah yang utama? Nabi menjawab : beriman kepada Allah dan Rasulnya. Ia bertanya : apa lagi? Nabi menjawab : Jihad fisabilillah. Ia bertanya : apa lagi? Nabi menjawab : Hajji yang mabrur”.

            Haji adalah merupakan rukun islam yang  kelima. Ibadah haji adalah wajib bagi seluruh kaum muslimiin yang memiliki kemampuan secara financial, fisik dan aman dalam perjalanan. Merekayang mampu menunaikan ibadah haji merupakan manusia manusia pilihan apabila ibadah mereka benar-benar niat karena mencari ridho Allah ini merupakan alasan penting kita mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk berlatih ta’alla semata serta memahami dan memenuhi rukun dan wajib haji tersebut. Hal fisik ndan juga mental serta membekali diri dengan ilmu seputar tata cara pelaksanaan ibadah haji yang benardan sesuai sunnah rasulullah. Kita berharap dan optimis panggilan Allah dating kepada kita untuk menunaikan ibadah haji menjadi nyata, sehingga kita kelak dapat melaksanakan ibadah haji sesuai tuntunan yang benar dan kita kembali ke tanah air dengan membaawa amanat “HAJI MABRUR”. Amin.

Manasik haji dan umrah adalah faktor yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap muslim terutama calon jama’ah haji, agar kepergiannya untuk menunaikan ibadah haji itu benar-benar dibekali dengan pengertian dan pengetahuan yang cukup tentang ibadah yang merupakan rukun Islam yang kelima itu.   Ibadah haji dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan bagaian dari materi yang senantiasa diberikan dan diperkenalkan kepada siswa melalui teori yang begitu padat, dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan, materi tersebut hanya diberikan secara teoritis saja, sehingga target yang diharapkan siswa maupun  guru tidak tercapai. MTS Negeri Batu yang berada di bawah Kementerian Agama Kota Batu memberikan kesempatan untuk bergabung melakukan praktek kegiatan haji dan umrah melalui Manasik Haji dan Umrah untuk siswa dan guru. Kegiatan tersebut juga berkaitan dengan memperingati Hari Raya ‘Idul Qurban 1440 H. Hal ini adalah sebuah momen yang sangat penting yang patut disyukuri.

Kegiatan ini memiliki tema:

“MELALUI KEGIATAN MANASIK HAJI, MENUMBUHKAN SEMANGAT BERHAJI SEJAK DINI”

.            Kegiatan Manasik Haji di MTs Negeri Batu  ini bertujuan untuk:

  1. Menanamkan sedini mungkin kepada peserta didik tentang kewajiban  haji bagi setiap muslim
  2. Sebagai Syiar Islam di lingkungan Kelurahan Dadaprejo Kec. Junrejo dan sekitarnya
  3. Memberikan pengalaman praktis/pembelajaran praktek langsung tentang ibadah haji dan umrah kepada siswa/guru/wali murid dan masyarakat di lingkungan Dadaprejo Kec. Junrejo dan sekitarnya.
  4. Sebagai sarana taqarrub kepada Allah SWT agar segera dipanggil untuk bisa melaksanakan ibadah haji.

Berikut ini adalah tempat yang dipergunakan sebagai simulasi manasik haji siswa MTs Negeri Batu yang dimulai sejak pukul 06.30 hingga pukul 11.00WIB.

1.    Start/Miqot/Bir ‘Ali    :  Halaman MTs Negeri batu

2.    Padang Arofah            : Balai Kelurahan Dadaprejo

3.    Kawasan Muzdalifah  : Balai Kelurahan Dadaprejo

4.    Kawasan Mina             : Halaman Parkir Masjid Al Falah

5.    Masjidil Haram            : Lapangan Kelurahan Dadaprejo

6.    Shofa dan Marwa        :Jalan Poros KUA Junrejo

7.    Finish                           :  Halaman MTs Negeri Batu

Agar lebih memotivasi siswa, kegiatan manasik haji kali ini juga diadakan kompetisi antarkelas. Kompetisi ini bertujuan untuk membuat siswa lebih rapi dalam berpakaian ihrom dan kompak saat melakukan rangkaian kegiatan sejak miqot hingga finish di halaman madrasah. 

Similar Articles

Leave a Reply

Top